Apa Yang Anda Akan Lakukan Jika Besok Anda Meninggal dan Tiada?


Wahai sahabat, hidup dan waktu yang kita punya di alam dunia ini memang tidak terbatas, tetapi waktu yang ada untuk diri kita sangat terbatas. Karena itu yang selalu harus anda tanamkan dalam pikiran anda adalah "apa yang bisa saya lakukan yang bisa membawa kebaikan dan perubahan?"

Apa tindakan terbaik meskipun kecil dan remeh yang bisa aku lakukan sekarang yang bisa memberikan warna bagi hidup dan kehidupan sekitar?, apa yang akan saya tinggalkan untuk anak cucuku dan dunia ini jika kelak aku sudah tiada?

atau anda juga bisa bertanya pada diri anda sendiri pertanyaan seperti judul diatas – “apa yang akan saya lakukan jika seandainya saya besok tiada, dipanggil Tuhan dan meninggal?


Pertanyaan – pertanyaan ini benar – benar harus anda jawab dengan jujur dan dengan hati yang bening. Karena hidup ini pada hakekatnya adalah serangkaian tindakan yang kita lakukan setiap hari. Ingat wahai sahabat, semua tindakan – tindakan tersebut kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Yang Maha Kuasa.

Jika demikian adanya, pertanyaan selanjutnya adalah

sudah seberapa penting dan bermanfaatkah tindakan yang kita lakukan selama ini? Apakah tindakan yang kita lakukan selama ini sudah memberikan dampak positif baik terhadap diri kita, keluarga kita hingga ke orang lain atau malahan masih jauh panggang daripada api?

Sungguh jika kita mau jujur sesungguhnya tindakan – tindakan kita selama ini masih jauh dari baik apalagi sempurna. Mungkin kebanyakan kita hanya melewatkan hari – hari dan mengisinya dengan rutinitas yang seringkali membosankan. Jika tidak membosankan barangkali sekedar menghabiskan dan membuang – buang waktu saja.

Coba anda tanya dengan jujur kepada diri anda sendiri, dalam 24 jam sehari semalam berapa persenkah tindakan anda yang benar – benar memiliki arti dan manfaat terhadap diri anda? atau mungkin terhadap keluarga anda?

Jawaban anda akan sangat menentukan langkah anda ke depan dan seberapa berharganya nilai diri anda!

Jika memang kebanyakan dari tindakan yang anda lakukan merupakan sesuatu yang positif, penting dan bermanfaat maka saya ucapkan salut dan selamat! Karena anda merupakan satu dari sedikit orang di dunia ini yang benar – benar mengisi waktu --- dan waktu luangnya --- untuk hal – hal yang berguna dan bermanfaat. 

Menurut Aa Gym, banyak orang yang sebenarnya potensial tetapi tidak unggul. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin.

Waktu adalah uang. Demikian pepatah yang sering kita dengar. Tetapi sebenarnya waktu itu lebih penting daripada uang.

Anda tahu alasannya kenapa? Jawabannya sederhana saja. Kita mungkin bisa memiliki lebih banyak uang dan uang yang hilang pasti bisa kembali kalau kita berusaha.

Tetapi waktu tidak demikian. Kita tidak bisa memiliki lebih banyak waktu karena jatah masing – masing kita semua sama. Hanya 24 jam, 3600 menit dan 86.400 detik sehari semalam. Tidak lebih tidak kurang.

Dan ingat kawan, waktu yang telah hilang tidak akan pernah kembali lagi untuk selama – lamanya hingga akhir jaman. Karena itu marilah kita memanfaatkan waktu yang ada selagi kita masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini.   

Karena waktu adalah kehidupan yang akan segera hilang.

Sahabatku, marilah pergunakan setiap detik dan setiap tarikan nafas kita untuk hal – hal yang positif dan sebanyak mungkin kebaikan tidak hanya bagi diri kita tetapi juga bagi keluarga dan orang lain.

Mari mulai sekarang dan detik ini juga…. Kita berjanji kepada diri kita sendiri bahwa…  

Aku sekarang sudah berubah. Aku sudah mulai memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Aku sudah bisa menghargai betapa waktu yang ada terlalu singkat untuk disia-siakan. Aku sekarang sudah menjadi pribadi yang berbeda dan terus tumbuh berkembang menjadi lebih baik dari hari ke hari

Ikrar, janji dan komitmen ini harus anda tanamkan dalam alam bawah sadar anda dengan cara yakin dan konsisten melakukannya.

Pertanyaan saya, sudahkah anda memanfaatkan waktu yang ada sekarang, detik dan menit yang ada sekarang dengan tindakan – tindakan yang berguna dan bermanfaat?

Seandainya detik ini juga Tuhan datang dan mengambil nyawa anda sudah siapkah anda untuk itu? Apa bekal yang anda bawa dan persiapkan untuk hidup sesudah hidup?

Apa yang bisa anda tinggalkan untuk anak cucu sepeninggal anda? apa yang ingin orang lain kenal dan ingat jika anda telah tiada?

Pertanyaan – pertanyaan ini harus anda jawab dengan jujur dan dengan hati yang jernih….sudahkah anda memiliki jawaban atas semua pertanyaan diatas? Kalau belum, maka mulai sekarang dan detik ini juga….BERUBAHLAH….

Ambil tindakan apapun itu, sesederhana dan sepele serta seremeh apapun itu tapi anda tahu bahwa jika anda melakukannya anda akan meninggalkan jejak kebaikan di belakang anda nantinya…

Nasehat orang bijak: Untuk merubah hidup terkadang, tidak dibutuhkan tindakan-tindakan besar…tetapi tindakan-tindakan kecil yang anda ikhlas lakukan tetapi secara terus menerus, konsisten dan persisten.

Karena itu sahabat, mari kita semua bangun, bangun dan bangun…

Bangun dari kesenangan dan kemalasan, bangun dari segala keinginan untuk menunda – nunda…karena penundaan adalah pekerjaan setan yang selalu mereka bisikan dalam hati kita agar hingga ajal menjemput kita tidak pernah melakukan tindakan yang seharusnya kita lakukan….

Sahabatku yang saya kasihi, mari pergunakan waktu dan tarikan nafas yang masih sempat kita hirup di alam dunia ini untuk sebanyak mungkin dan seikhlas mungkin kebaikan, kebajikan dan manfaat untuk sesama… sebelum semuanya terlambat…sebelum ajal menjemput kita…karena kalau ajal sudah menjemput maka kita semua pasti akan menyesal…

Sebelum penyesalan itu datang, maka pergunakanlah sebaik-baik apa yang kita punya untuk kebaikan didunia…dimulai dari hal – hal yang kecil, dari apa yang anda miliki, dari apa saja yang bisa anda lakukan, dan dari diri anda sendiri…….sekarang juga

Karena menurut Anthony Robbins, pembicara sukses No. 1 dunia asal Amerika Serikat, dalam hidup ini hanya ada dua rasa sakit…

1.       Rasa sakit karena disiplin yang anda lakukan
2.       Rasa sakit karena penyesalan atas apa yang tidak anda lakukan

Tentu anda tidak ingin mengalami yang kedua bukan? Karena itu sebelum segala sesuatunya terlambat, sebelum penyesalan hinggap menghampiri kita, sebelum ajal menjemput kita dan sebelum akhir hayat kita….

Lakukanlah hal yang anda cintai….kejarlah impian anda….temukan sesuatu yang membuat anda gairah, semangat, memiliki arti dan manfaat bagi sesama…

Karena anda dikatakan berarti bukan karena anda berarti bagi diri anda, tetapi anda memiliki arti bagi orang banyak…

Sudahkah anda melakukannya? Sudah cukupkah bekal yang akan anda bawa jika anda kelak secara tiba – tiba didatangi malaikat pencabut nyawa dan menarik nyawa anda? Sudah sempurnakah kebaikan yang anda berikan bagi keuarga dan orang – orang yang anda kasihi?

Sudah lengkapkah tanggung jawab dan amanah yang Tuhan berikan kepada anda dengan menjadi…anak yang baik, menjadi ayah atau ibu yang baik terhadap anak – anak…atau suami atau istri yang baik terhadap pasangannya…???
Hanya anda sendiri yang tahu jawabannya.

Demikian sahabat yang terkasih…. Semoga bisa menjadi renungan bagi anda khususnya buat diri penulis sendiri...
Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan di-share kepada sahabat – sahabat yang anda sayangi…

Salam Sukses Dunia Akhirat

Arif Gunawan
Title : Apa Yang Anda Akan Lakukan Jika Besok Anda Meninggal dan Tiada?
Description : Wahai sahabat, hidup dan waktu yang kita punya di alam dunia ini memang tidak terbatas, tetapi waktu yang ada untuk diri kita sangat terb...

33 Responses to "Apa Yang Anda Akan Lakukan Jika Besok Anda Meninggal dan Tiada?"

  1. LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTOR

    English Tutors Urgently Required!!!

    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors

    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Batam 0778-460785
    b. Pekanbaru 0761-7641321
    c. Balikpapan 0542-737537
    d. Palembang 0711-350788
    e. Samarinda 0541-273163
    f. Denpasar 0361-422335
    g. Makassar 0411-451510
    h. Semarang 024-3562949
    i. Bandung 022-76660044
    j. Banjarmasin 0511-7069699

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruitment@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

    BalasHapus
  2. Pertanyaan yang menggelitik. tapi ada juga lho yang menanggapinya dengan negative...

    BalasHapus
  3. pertanyaan yang luar biasa mantap mas.

    BalasHapus
  4. blog nya udah gak do follow, cape deh

    BalasHapus
  5. blog nya udah gak do follow

    BalasHapus
  6. good information ... I have read and will be added to my personal knowledge... thanks

    BalasHapus
  7. @all, thanks for the visit n comment :)

    BalasHapus
  8. ini persis sejalan dengan pemikiran steve jobs.
    kita harus terus bergerak kearah perbaikan diri dan bermanfaat bagi sesama.

    BalasHapus
  9. @joko, sebenarnya setiap manusia memiliki pemikiran yang sejalan dan serupa tinggal bagaimana dia membahasakannya baik lewat perkataan maupun tindakannya ^_^

    BalasHapus
  10. Nasihat yang bagus... Kebanyakan orang merasa akan hidup selamanya, sehingga dia hanya mengejar dunia....
    Terima kasih nasihatnya

    BalasHapus
  11. Berkunjung sob sore-sore. Kok Belum diupdate lagi sob?

    BalasHapus
  12. harus memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin yah..postingnya insoiratif, jadi merenung yah seandainya ini hari terakhir saya hidup, apa yg saya akan lakukan? banyak hal yang belum selesai dikerjakan, masih kudu dijalani

    BalasHapus
  13. sungguh luar biasa sekali ini artikel gan....
    waktu lebih berharga dari pada uang..ane sangat setuju itu....

    BalasHapus
  14. Terima kasih mas Arif, tulisan Anda adalah oksigen bgi saya untuk mnjdi sadar spenuhnya.

    BalasHapus
  15. @yahya, thanks atas apresiasinya kawan, semoga menginspirasi ^_^

    BalasHapus
  16. tulisan yang menginspirasi, semoga saya pribadi dapat memetik hikmahnya

    BalasHapus
  17. sangat mengispirasi....
    silahkan kunjungi http://polahmu.blogspot.com/ mungkin aja mnginspirasi juga.hehehe

    BalasHapus
  18. wahh bagus nih post nya ,,
    sangat menginspirasi smuanya :)
    gbu

    BalasHapus
  19. Apa Yang Anda Akan Lakukan Jika Besok Anda Meninggal dan Tiada? ini adalah pertanyaan yang paling sulit saya jawab. thanks inspirasi

    BalasHapus
  20. update yang sangat bagus gan bisa menjadi inspirasi untuk semua orang karena pasti susah untuk menjawabnya apa yang harus di lakukan jika kita besok sudah tidak ada lagi,, salam kenal gan :)

    BalasHapus
  21. gimana jawabnya yak gan ? ane baru hidup umur 15 tahun :D

    BalasHapus
  22. artikelnya very inspiratif, terimakasih banyak. salam kenal dari feeling navigator "The Power of soul awarenes"

    BalasHapus
  23. mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang dan mulai dari yang kecil. iyaa mas makasih ya. saya suka baca tulisan anda

    BalasHapus
  24. kadang kita memang harus berfikir kesitu... :) mampir ya,,

    BalasHapus
  25. setiap orang tentunya tidak mengetahui kapan kita akan meninggal..
    Untuk itu, kita perlu menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya..
    baik dari perbuatan dan tutur kata kita terhadap semua makhluk hidup yang ada di bumi ini..

    BalasHapus
  26. lakukan yang terbaik yang bisa dilakukan setiap harinya. :)

    BalasHapus
  27. saya akan melakukan sebaik baik mungkin untuk hari ini kepada orang yang saya sayangi

    BalasHapus
  28. waktu itu seperti sebuah mata pisau yang punya 2 sisi,

    BalasHapus
  29. hidup tentunya akan menemui kematian, dan kematian itu sendiri tidk kita ketahui pasti, oleh karena itu menyadari kematian selalu ada dekat kita adalh langkah penting yg harus ditanamkan

    BalasHapus
  30. hidup tentunya akan menemui kematian, dan kematian itu sendiri tidk kita ketahui pasti, oleh karena itu menyadari kematian selalu ada dekat kita adalh langkah penting yg harus ditanamkan

    BalasHapus
  31. Silahkan di kunjungi ya kawan-kawan 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    Agen Togel
    Agen Bola
    Agen Kasino
    Togel SGP
    Togel Hongkong
    Togel Sydney

    hubungi kami di :
    Line : togel118
    Bbm : D8AF7278
    Wa : +85592985834

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^