Inilah 25 Faktor SEO Paling Vital dan Penting

Jika anda bertanya-tanya apa faktor SEO terpenting dan paling vital untuk semua search engine, maka artikel berikut memberikan jawaban yang lengkap mengenai 25 faktor SEO terpenting dan paling vital yang ditulis oleh Nicholas Cardot. Nicholas Cardot adalah seorang pakar SEO yang ahli dalam mendesain blog dan SEO.

Blogger dan webmaster terus-menerus bertanya-tanya mengapa Google seperti penggertak untuk beberapa situs Web dan mengapa mereka begitu positif terhadap situs lain.

Apa kunci sukses untuk membangun keberadaan blog anda di halaman hasil mesin pencari? Apa faktor SEO yang paling penting agar situs Anda ditemukan oleh bot pencarian Google dan bagaimana melakukannya?

Tercantum di bawah ini adalah 25 faktor SEO yang paling penting. Perhatikan faktor-faktor ini dan Anda akan melihat peningkatan drastis di listing Anda di Google, Yahoo dan Bing.
  • Keyword berada di tag judul. Membuat judul tag yang mengandung kata kunci atau frase adalah langkah pertama agar mesin pencari tahu tentang apa halaman blog Anda. Lebih baik lagi bila keyword tersebut berada pada awal tag judul.
    • Keyword digunakan sebagai Anchor teks dari link eksternal. Inbound link dari domain lain yang menggunakan kata kunci Anda sebagai Anchor teks sangat penting untuk SEO. Link dari situs lain yang ada di topik yang sama atau sejenis lebih berharga daripada link acak dari mana saja. Relevansi link eksternal yang terhubung ke halaman dilihat dengan cara ini.
      • Otoritas domain. Google mengenali domain yang telah membangun sebuah kehadiran online yang kuat dan bobot artikel mereka secara default lebih tinggi daripada yang lain.
        • Konten yang benar-benar berkualitas tinggi dan unik. Faktor SEO ini sangat penting. Kunci kesuksesan blog Anda adalah menciptakan konten yang luar biasa yang bisa orang lain nikmati.
          • Konten yang fresh dan halaman yang baru dibuat. Mesin pencari bekerja untuk menyediakan hasil yang relevan dan terbaru. Sering kali artikel lama akhirnya akan menghilang dari daftar mereka.
            • Keyword pada nama domain. Situs sering kali mendapat peringkat yang baik bila mengandung keyword dalam nama domainnya.
              • Jumlah link eksternal ke halaman. Setiap link ke sebuah halaman ibarat sebuah suara dalam pemungutan suara. Semakin banyak link yang diperoleh situs Anda, semakin populer Google tahu bahwa situs Anda ada.
                • Keyword dalam tag H1. Google mengenali informasi yang paling penting pada sebuah halaman dari tag H1 yang merupakan heading artikel. Luangkan waktu untuk membuat situs anda terhitung.
                  • Keragaman sumber link eksternal. Sangat baik memiliki selusin link dari sebuah situs lain. Namun lebih baik memiliki masing-masing satu link dari selusin situs.
                    • Link dari sumber-sumber media sosial. Search engine mulai menaruh perhatian ketika mereka melihat konten yang Anda ciptakan dibaca dan dinikmati banyak orang sehingga mereka berbagi.
                      • Keyword sebagai anchor teks dalam link internal Anda. Sangat baik untuk menggunakan halaman lain di situs Anda untuk link ke halaman tersebut menggunakan keyword Anda sebagai Anchor teks.
                        • Rasio yang baik antara teks dan html. Google mencari konten untuk diberikan kepada pengguna mereka. Bukan hanya html, tapi tulis artikel yang baik dengan konten asli.
                          • Keyword sebagai anchor text untuk link keluar. Mesin pencari ingin melihat apakah situs anda terhubung ke situs lain yang relevan. Keyword yang Anda gunakan sebagai Anchor teks merupakan cara untuk melakukannya.
                            • Keyword yang digunakan dalam 100 kata pertama pada sebuah halaman. Konsep-konsep dan istilah yang digunakan pada awal artikel dipandang sebagai yang paling penting oleh mesin pencari.
                              • Sisa dari umur domain. Spammer sering kali mendaftar nama domain untuk jangka waktu yang pendek. Karena itu mesin pencari menghargai lebih domain dengan masa perpanjangan yang lama.
                                • Keyword dalam URL halaman. Google menaruh perhatian pada situs-situs dengan kata kunci dalam permalinks (alamat link permanent) mereka. Buat URL artikel Anda mengandung keyword yang menggambarkan isi dari setiap artikel.
                                  • Keyword dalam judul yang lebih kecil seperti tag H2 – H6. Walaupun ini kurang penting dibanding tag H1, mereka masih sangat penting.
                                    • Keberadaan deskripsi meta untuk halaman Anda. Menyediakan deskripsi meta adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pengguna mesin pencari, tentang apa halaman blog anda.
                                      • Keyword sebagai alt teks untuk gambar. Menggunakan frase kunci sebagai alt teks dari suatu gambar adalah suatu cara yang benar dan berhasil untuk berada di posisi yang lebih baik.
                                        • Halaman HTML yang valid sesuai Standar W3C. Beberapa studi independen menunjukkan bahwa Google lebih menyukai kode HTML yang valid.
                                          • Densitas Keyword. Frase yang sama yang diulang-ulang dalam sebuah artikel akan menjelaskan tentang apa halaman tersebut. Seberapa sering kata kunci Anda digunakan dibandingkan dengan banyaknya teks pada halaman tersebut?
                                            • Link ke halaman eksternal yang terpercaya. Mesin pencari suka kalau artikel kita diisi dengan link ke sumber yang terpercaya.
                                              • Keyword dalam tag atau. Kata-kata dan frasa yang diberi tag ini dianggap sebagai lebih penting daripada teks standar yang lain.
                                                • Popularitas Link internal. Sebuah halaman tentunya terlihat penting jika puluhan artikel pada domain itu sendiri mengarah kepadanya.
                                                  • Adanya sitemap XML. Google suka bila Anda memberikan mereka ikhtisar atau daftar isi dari semua halaman di situs Anda yang mudah dibaca oleh mesin pencari.
                                                    Tulisan ini disadur dan diterjemahkan dari artikel milik Nicholas Cardot tentang 30 faktor SEO paling penting dan vital oleh www.sapu-lidi.com. Namun ada beberapa yang penulis padatkan menjadi satu faktor yang sama dan ada beberapa yang dihilangkan karena sudah tidak termasuk dalam faktor paling penting seperti page rank domain dan halam situs atau blog.

                                                    Awalnya domain dengan Page Rank yang lebih tinggi menandakan bahwa algoritma Google mengenali domain tersebut telah memiliki keberadaan secara online yang kuat. Namun belakangan ini ternyata faktor page rank ini tidak lagi berpengaruh.

                                                    Salam Sukses 1% !!!
                                                    Title : Inilah 25 Faktor SEO Paling Vital dan Penting
                                                    Description : Jika anda bertanya-tanya apa faktor SEO terpenting dan paling vital untuk semua search engine, maka artikel berikut memberikan jawaban yang...

                                                    21 Responses to "Inilah 25 Faktor SEO Paling Vital dan Penting"

                                                    1. wah luar biasa postingannya mas arif, sangat inspiratif :D

                                                      BalasHapus
                                                    2. Memang sebuah blog harus memperhatikan faktor 2 di atas kalau ingin blognya menjadi 10 besar. Trimakasih buat sharenya sukses selalu.

                                                      BalasHapus
                                                    3. wah..haturnuhun bro :) he,,he,,nice info

                                                      BalasHapus
                                                    4. oke mas cozy makasih udah mampir :)

                                                      BalasHapus
                                                    5. met idul fitri mohon ma'af lahir dan batin,artikelnya mantap mas full tehnik seonya.

                                                      BalasHapus
                                                    6. Kalau pagerank tidak berpengaruh jadi pagerank itu buat apa dong mas?

                                                      BalasHapus
                                                    7. Semua posting article Mas Arif tentang SEO aq save, pokoknya keren abiz, sangat bermanfaat.

                                                      BalasHapus
                                                    8. @saoutraz, makasih mas semoga bermanfaat :)
                                                      @sakti yah buat gagah2an aja mas hehehe
                                                      @makelar online, makasih semoga bermanfaaat :)

                                                      BalasHapus
                                                    9. @UDIN, gak kok mas simpel aja kalo kita berpikir simpel hehehe :)

                                                      BalasHapus
                                                    10. artikel yang bagus banget, bermanfaat banget,
                                                      tapi saya masih tetep ada yang gak paham dan gak ngerti,
                                                      masih terlalu newbie mungkin.
                                                      masih perlu belajar banyak!
                                                      terima kasih.

                                                      BalasHapus
                                                    11. @bali villa, makasih udah mau mampir mas :)

                                                      BalasHapus
                                                    12. @jerawat, makasih mas hehehe :)

                                                      BalasHapus
                                                    13. Terima kasih Tipsnya sobat, salam dari pekalongan

                                                      BalasHapus
                                                    14. wah... ini perlu di praktekan tips nya...
                                                      makasi banyak bos.. :D

                                                      BalasHapus
                                                    15. berkali-kali saya kena hajar sampe hilang dari posisi yang di harapkan. Mau minta sarannya mas, untuk mempertahankan posisi yang udah kita raih itu tehniknya seperti apa ya mas?

                                                      BalasHapus

                                                    Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^