Renungan Seorang Ahli Fikir dan Zikir

Fenomena alam salah satu tanda-tanda Kekuasaan Allah SWT
           Ahli fikir dan zikir atau Ulul-albab dalam persepsi Islam seperti yang diterangkan dalam kitab Tafsir Munir adalah orang yang berakal serta menggunakan akalnya untuk memikirkan ke-Esaan Allah dan Kekuasaan-Nya di setiap hela nafasnya. Seorang Ulul-albab jika menyaksikan keindahan dan ciptaan-ciptaan Allah lainnya maka hati dan mulutnya akan berfikir dan berdzikir, memuji Sang Penciptanya ( Tuhan YME ) dan bukan yang diciptakan-Nya ( makhluk ).
Al-Quran surat Ali Imran menyebutkan : " Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. "
Diciptakannya langit dan bumi dengan seluruh lapisannya yang yang berjumlah tujuh serta seluruh makhluk yang berdiam di dalamnya itu tak lepas dari ke-Mahakuasaan Allah SWT. Langit luas terhampar dan tak berbatas, wujudnya tak terpandang oleh penglihatan kita. Yang kita lihat di atas hanyalah hamparan biru yang kita sangka sebagai wujudnya. Padahal itu tak lebih jarak pandang kita saja yang hanya sampai di situ.
Ayat tersebut  menyatakan kata langit dengan bentuk  jamak ( banyak ) sementara bumi dengan bentuk mufrod ( tunggal ). Kenapa harus beda bentuk kata sedangkan masing-masing berjumlah tujuh lapis ? Menurut keterangan itu karena tujuh lapisan langit saling terpisah sementara bumi yang berlapis sama saling menempel satu sama lain.
Sebuah Hadits Rosulullah SAW menyebutkan : " Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya. "
Habib Zaen bin Sumaith dalam sebuah buku Islami menerangkan bahwa makna Hadits tersebut sebagai pengenalan diri kita menuju pengenalan Allah. Kalau seseorang mampu memperhatikan kekurangan dan kebutuhannya, mampu memperhatikan bahwa dia tidak sanggup mendatangkan manfaat untuk dirinya serta tidak sanggup menolak kemudaratan yang menimpanya, maka tahulah bahwa dirinya memiliki Tuhan. Tuhan Allah SWT yang menciptakannya menjadi manusia yang mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan. Allah yang memberikan nikmat, Yang memperlihatkan tanda-tanda perubahan usia, Yang menimpakan qodho dan qodar atau takdir baik dan buruk. Allah juga yang menilai semua langkah dan usahanaya sekaligus yang membalas seluruh perbuatannya. Dengan daya fikir dan dzikirnya yang mengarah ke sana maka seseorang telah mengenal Tuhannya dan menyatakan bahwa dirinya hanyalah seorang hamba yang harus taat dan mengabdikan hidup serta usahanya semata-mata karena Allah SWT. Waalaahu a'lam bish-showab.

Diolah dari berbagai sumber oleh Solichin Toip

Guest Writer : Solichin Toip
http://www.rebana-solichintoip.com/2011/03/renungan-seorang-ahli-fikir-dan-dzikir.html
Title : Renungan Seorang Ahli Fikir dan Zikir
Description : Fenomena alam salah satu tanda-tanda Kekuasaan Allah SWT            Ahli fikir dan zikir atau Ulul-albab dalam persepsi Islam sepert...

16 Responses to "Renungan Seorang Ahli Fikir dan Zikir"

  1. mengenal diri sendiri ternyata susah ya gan
    selamat berpuasa

    BalasHapus
  2. @budies, makasih gan selamat berpuasa dan selamat lebaran mas :)

    BalasHapus
  3. benar banget mas :) dan bersabar tentunya di saat suka maupun duka

    BalasHapus
  4. Semoga kita selalu menjadi insan yg pandai bersyukur atas semua rahmat yg diberikan oleh Allah SWT

    BalasHapus
  5. Renungan
    yang bermanfaat,,,
    kita harusterus bersyukur..:)

    BalasHapus
  6. mempraktekan kalimat "Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya" ternyata juga gak mudah ya,,, tapi kita wajib untuk berusaha.

    BalasHapus
  7. " Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. "

    Kadang kita bisa jadi orang yang berakal dan kadang juga kita jadi orang yang tidak berakal

    BalasHapus
  8. sungguh saya sangat setuju sekali dengan apa2 yang telah disampaikan pada artikel diatas.....

    BalasHapus
  9. hai,,, tulisannya bagus.. saya copy link ini di blog saya : formulasukses.orgfree.com

    BalasHapus
  10. iya saya senang dengan artikel ini. mari kita belajar untuk selalu berdzikir dan berfikir karena Allah

    BalasHapus
  11. Terima kasih gan..
    Artikelnya sangat membangun dan mengingatkan kita sebagai para pembaca untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa..

    BalasHapus
  12. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^