Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?

Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?
Sahabat blog pengembangan diri yang luar biasa, ada sebuah kisah sukses menarik yang patut kita simak. Saat duduk di sekolah dasar, Lie Fen mendapat pesanan membuat kue tiga tingkat dari temannya. Dan ia bersedia memenuhi pesanan itu tanpa minta bayaran sama sekali kecuali minta disediakan bahan - bahannya. Padahal ia hanyalah lulusan sebuah kursus pembuat kue yang sama sekali tidak berpengalaman.

Keberhasilannya itu membuatnya keranjingan. Baik membuat kue atau mengajar teman - teman sebayanya melakukan tugas yang sama. Ia juga merasa pintar menghias kue sehingga kue yang padatnya kayak dodol sekalipun dapat ditampilkannya dengan dekor yang bagus.

Ayahnya tidak setuju dengan hobi "nyentrik" anak remaja itu karena itu ia mengembangkan semua bakat dan potensinya itu secara diam - diam. Ikut kursus diam - diam dan membuat kue di rumah tetangga pun dilakukannya secara diam - diam selama bertahun - tahun. Suaminya pun baru mengetahui bahwa istrinya suka masak dan membuat kue setelah mereka menikah. Ia memang baru terang - terangan terjun ke bisnis kue setelah menikah.

Sekalipun ia tahu betul tentang potensi uniknya itu dan setelah mengajar ratusan teman - temannya membuat kue, Lie Fen alias Nilasari masih perlu mengikuti kursus dekorasi kue. Dan tidak tanggung - tanggung ia mengikutinya di Wilson, Chicago.

Pulang dari Negeri Paman Sam itu, ia memasang iklan dan mengajar orang membuat ratusan jenis cake, dekorasi kue, dan katering. Nilasari membuat ayahnya terkagum - kagum, takjub menyaksikan kue - kue raksasa bikinan putrinya -- antara lain kue natal setinggi 13 meter!. Dan bukan cuma sang ayah, dunia juga dibuat kagum ketika ia memamerkan kue kebun di Balai Sidang Jakarta. Kue dengan hiasan pohon kelapa setinggi 5 meter di bagian tengahnya itu, menjadi kue terbesar di dunia sehingga nama Nilasari dicantumkan dalam Guiness Book of Records Ia telah dinobatkan menjadi Ratu Kue Dunia dari Indonesia!

Luar Biasa! itulah kata yang pantas menggambarkan kesuksesan Nilasari tersebut. Ia telah membuat sebuah perbedaan besar dalam hidupnya dengan menjadi dirinya sendiri. Dengan mengenali segala bakat dan potensi unik yang ada dalam dirinya. Dan kesuksesan itu bukan hanya milik seorang Nilasari semata tetapi miliki kita semua. Kesuksesan itu milik semua orang yang bersungguh - sungguh memperjuangkan apa yang diyakininya. Kesuksesan itu datang kepada orang yang menjemput bola bukan yang menunggu bola.

Maka jemputlah bola kesuksesan itu dengan cara mengenali apa - apa yang menjadi bakat, potensi, kemampuan dan kekuatan unik yang ada dalam diri dengan mengasahnya secara terus - menerus, konsisten dan berkesinambungan. Karena pada dasarnya "Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing - masing, menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain, dan mengerjakan yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain" demikian nasiaht William Elley Channing.

Sahabat blog pengembangan diri, sudahkah anda mengenali bakat dan potensi unik yang ada dalam diri anda? Jika belum, 4 pertanyaan berikut dapat menolong anda mengenali, mendeteksi, sekaligus mengasah dan mengembangkan bakat dan potensi unik yang dikaruniakan Tuhan dalam diri anda:

1. Bidang kegiatan apa yang sangat memikat hati anda?
2. Bidang kegiatan apa yang memberikan kepuasan batin yang sangat mendalam?
3. Bidang kegiatan apa yang terasa sangat mudah anda pelajari?
4. Bidang kegiatan apa yang membuat anda seakan - akan menyatu dengannya?

Cobalah menelusuri bidang kegiatan apa saja yang benar - benar anda nikmati saat melakukannya. Perhatikanlah dalam kegiatan apa sajakah anda sering lupa waktu bila sedang melakukannya. Apa yang relatif mudah anda pelajari dibanding rekan - rekan anda? Dalam hal apa saja rekan - rekan anda sering belajar kepada anda? Lalu pikirkanlah apa sebenarnya bakat dan potensi unik anda itu.

Title : Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?
Description : Sahabat blog pengembangan diri yang luar biasa, ada sebuah kisah sukses menarik yang patut kita simak. Saat duduk di sekolah dasar, Lie Fe...

26 Responses to "Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?"

  1. benar banget mas, makasih udah mampir :)

    BalasHapus
  2. Mas linknya sudah saya pasang... link balik ya mas...:D

    BalasHapus
  3. oke sob, insya Allah linknya akan segera saya pasang :)

    BalasHapus
  4. untuk mengetahui bakat ya test DISC dengan tes ini kita akan tau bakat kita sehingga kita tidak salah profesi, seperti saya bakatnya di bidang komputer yang suka hal yang detail trus nyasar di bidang sales asuransi yang membutuhkan bakat komunikasi yang bukan bakat saya sehingga memang benar di bidang itu saya jadi orang terbodoh di bidang komunikasi, setelah tes DISC saya tau bakat saya dan bisa jadi sukses di bidang bisnis internet

    BalasHapus
  5. Makasih buat tambahan dan masukannya mas :)

    BalasHapus
  6. Aku suka banget sama ini : "Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing - masing, menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain, dan mengerjakan yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain"
    Seandainya masing2 dari 240 juta rakyat Indonesia benar-benar menyadari akan hal ini, Insya Allah Indonesia pasti menjadi negara yang sangat hebat :)

    BalasHapus
  7. benar banget mas agus, seandainya seperti itu, tapi kayaknya masih jauh panggang daripada api mas :)

    BalasHapus
  8. Beruntung Banget Mas, yang Sudah Mengenal dirinya, itu merupakan Nikmat yang tiada tara setelah nikmat Iman dan Islam

    BalasHapus
  9. baca sampai tuntasssssss :D
    terimakasih atas ulasannya yang sangat perlu dicerna dan ditindak lanjuti.sebenarnya sampai detik ini saya belum begitu mengerti siapa diri saya.namun setidaknya punya tujuan yanga harus saya capai..ya...tujuan (chanel) masih banyak yang harus saya raih.

    salam adem ayem

    BalasHapus
  10. Sepertinya saya sudah menemukannya Mas,
    Tidak muluk dan sedang saya nikmati saat ini.

    BalasHapus
  11. Salam kenal pak, saya alex dari rahasia hidup sukses (http://www.buathidupbaik.blogspot.com) sudah menaruh link bapak di blog saya untuk tukeran link, terima kasih

    BalasHapus
  12. buat yang sudah menemukan potensi dirinya.Bijaklah dengan diri sendiri bahwa potensi yang ada di diri kita butuh perjuangan dan kesabaran untuk membuatnya"Menjadi"

    BalasHapus
  13. benar banget mas andhika, kita harus senantiasa bijak dan cerdas dalam me-menage diri

    BalasHapus
  14. Selamat deh buat mas aldy tetap dipertahankan yah :)

    BalasHapus
  15. Jadi intinya adalah apapun kegiatan yang kita kerjakan haruslah kita sukai dan kita syukuri, menurut saya.

    BalasHapus
  16. benar banget tuh mas zaiful, makasih udah mampir :D

    BalasHapus
  17. Potensi saya?
    hm.. saya adalah orang yang tahu bagaimana cara bersenang-senang... :)

    BalasHapus
  18. wah potensi yg unik mas hehehe :D

    BalasHapus
  19. nomor 1 jawabannya futsal, nomor 2 juga futsal, nomor 3 dan 4 masih futsal juga.... tapi sayang ga kesampaian jadi atlit futsal atau sepakbola... hehe

    BalasHapus
  20. Bakat aku apa yah !! Ngblogging kayaknya

    BalasHapus
  21. saya sudah mengenali bakat yang ada dalam diri saya sehingga saya akan berusaha untuk mengembangkannya lebih baik lagi.

    BalasHapus
  22. klo dari semua pertanyaan e jawaban e "ga tau" gimana??

    BalasHapus
  23. sy tau bakat saya... tp bnyak tapi tapi n tapi..sy mw ngilangin it...gmn caranya iya?

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^