Inilah 13 Hal Yang Menjadikan Blog Anda Sukses Spektakuler

Sahabat blog pengembangan diri bayangkan bila blog Anda dikenal dan disukai banyak orang (populer). Selain itu, bayangkan juga blog Anda berhasil (sukses) dari sisi penghasilan, komunitas, maupun yang lainnya. Saya yakin Anda sangat mudah membayangkannya. Namun, bagaimana menjadikan blog Anda populer dan sukses? Jika Anda belum punya ide, 13 hal berikut yang sengaja saya kutip dari kang Yudiono pemilik www.blogodolar.com bisa membantu Anda mencapainya.

1. Konten bernilai
Konten Anda harus memberikan nilai bagi pengunjung blog Anda. Nilai ini bisa berupa cara-cara melakukan sesuatu (tutorial), informasi terbaru dari topik blog Anda, hasil eksperimen Anda, dan sebagainya. Intinya, apapun topik blognya, Anda harus memastikan bahwa pembaca mendapatkan sesuatu dari blog Anda.

2. Konten unik
Bagaimana membuat konten bernilai? Banyak blogger yang mengambil jalan pintas dengan mengkopi tulisan dari blog lain, portal berita, maupun situs sosial. Tulisan seperti itu memang bernilai, namun tidak unik karena sudah ada di tempat lain. Bila pengunjung mengetahui bahwa tulisan Anda hasil mengkopi dari beragam tempat, cepat atau lambat mereka akan meninggalkan blog Anda karena mereka lebih senang mengunjungi sumber asli tulisan Anda.

3. Konsistensi
Pembaca perlu tahu kapan tulisan terbaru Anda muncul di blog Anda. Berapun frekuensi tulisan Anda (misal seminggu 3 kali), lakukan secara konsisten.  Selain itu, konsisten juga dengan topik blog Anda (tidak melenceng dari topik awal blog).

4. Ketekunan
Banyak blogger yang di awal-awal ngeblog tekun membuat tulisan. Setahun kemudian, mereka mulai malas dan bahkan akhirnya rehat sementara (hiatus) dengan beragam alasan. Cepat atau lambat, blog seperti itu akan ditinggalkan pembacanya. Alasannya sederhana saja: jika Anda tidak tekun membuat tulisan, maka mereka pun punya alasan untuk tidak tekun mengunjungi blog Anda.

5. Komunitas
Aspek sosial sangat penting dalam dunia online. Oleh karena itu, Anda harus membangun komunitas di sekitar blog Anda sehingga pembaca merasa bagian dari blog Anda. Cara membangunnya bisa dengan membalas komentar, membalas email, memberikan backlink, mengadakan kuis/kontes, chatting, membuat poling, wawancara, atau berkunjung balik.

6. Menjadi blogger tamu
Menjadi blogger tamu di beberapa blog merupakan sarana promosi yang bagus dan gratis. Selain mendapat backlink berkualitas, Anda akan dikenal juga oleh pembaca blog lain (yang mungkin saja bukan pembaca blog Anda).

7. Desain blog yang bersih
Buatlah navigasi yang bisa dengan mudah dikenali dan digunakan pengunjung. Hilangkan hal-hal yang setidaknya tidak perlu dan menambah sesak tampilan blog (misalnya iklan yang terlalu banyak).

8. Merek (Brand)
Untuk memahami konsep ini, apa yang ada dalam pikiran Anda ketika terbersit kata McDonald. Saya yakin Anda berpikir mengenai sebuah restoran cepat saji dengan slogan melayani dalam 1 menit, logo dan maskot yang unik, tempatnya bersih, dan pelayannya yang ramah-ramah. Dari ilustrasi di atas, blog Anda pun harus memiliki merek yang kuat agar diingat khalayak online. Buatlah logo yang unik, tagline yang solid, favicon yang khas, desain blog yang tidak biasa, dan sebagainya.

9. Postingan Terpopuler
Postingan ini membantu pengunjung baru menemukan postingan terbaik di blog Anda. Selain itu, postingan ini juga merupakan salah satu cara menarik pengunjung loyal.
Memiliki sesi About Me merupakan langkah yang baik. Mengapa? Hal ini karena pembaca ingin mengetahui siapa di balik pemilik atau penulis blog yang dibacanya. Dengan mengetahuinya, besar peluang mereka akan akrab dengan pemilik blog.

11. Halaman kontak
Adakalanya pembaca ingin bertanya mengenai hal-hal yang bersifat pribadi. Halaman kontaklah yang membantu mereka. Jadi, tidak ada alasan Anda tidak membuat halaman tersebut.

12. Arsip yang Informatif
Bayangkan banyak pengunjung baru ke blog Anda. Mereka ingin mengetahui tulisan-tulisan Anda 6 bulan lalu. Namun, mereka frustasi karena tidak menemukannya. Oleh karena itu, buatlah arsip yang informatif sehingga pengunjung bisa menemukan tulisan-tulisan lama Anda.

Memiliki loading blog yang cepat sangat menguntungkan karena pengunjung tidak perlu lama menunggu untuk mengakses blog Anda. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan plugin, javasscript, dan iframe.

Itulah 13 hal yang saya amati ada di blog-blog populer dan sukses yang bisa kita pelajari. Ada tambahan barangkali? 

Salam Sukses 1% !!!
Title : Inilah 13 Hal Yang Menjadikan Blog Anda Sukses Spektakuler
Description : Sahabat blog pengembangan diri bayangkan bila blog Anda dikenal dan disukai banyak orang (populer). Selain itu, bayangkan juga blog Anda ...

29 Responses to "Inilah 13 Hal Yang Menjadikan Blog Anda Sukses Spektakuler"

  1. wah artikel yg sangat dalam dan bermanfaat mas arif makasih udah share :)

    BalasHapus
  2. Ilmu yang sangat berguna diterapkan dalam dunia ngeblog.
    Terimakasih ya Mas, salam sukses selalu dari Kendari...

    BalasHapus
  3. Sepertinya dari tigabelas cara itu, halaman kontak belum saya terapkan. ;)

    BalasHapus
  4. wah harus segera diterapkan tuh mas, contohnya seperti pada halaman saya ini => http://pengembangandiriku.blogspot.com/2007/07/profil-pemilik-blog.html

    BalasHapus
  5. siiip tinggal memoneteize aja mas ! sukses selalu

    BalasHapus
  6. mantab tipsnya.
    cocok diterapin.
    kpn" mmpir ke blog ane ya ;)

    BalasHapus
  7. Heee mas...saya hanya menulis dan menulis, ngak tau isinya bermanfaat atau tidak yach...membaca Tips ini saya jadi malu, ternyata tulisan saya jauh dari kriteria, ijin kopas tipsny mau dibaca-baca

    BalasHapus
  8. Setuju mas, terkhusus poin no.10, masih banyak yang tidka mencantumkan halaman "about me" di blognya, janganlah begitu sob, kenapa kita harus bersembunyi dan menutup-menutupi identitas... jadilah blogger yang bersahabat :D

    BalasHapus
  9. Two Tumb....

    I love this post so much!

    Meski saya tidak serius ngeblogm tapi hal ini sangat bermanfaat :)

    Salam :)

    BalasHapus
  10. konten yang bernilai biasanya akan meningkatkan traffic blog

    BalasHapus
  11. kadang suka unik kadang suka gak... konsisten unik itu susah... :D

    BalasHapus
  12. terima kasih telah mengingatkan sob, nice infonya dan terima kasih atas kunjunganya
    kalau boleh ijinkan saya bertukar link, link sobat sudah kepajang di sidebar kanan ;)

    BalasHapus
  13. makasih tipsnya... mantap.... kita bertukar link yuk...

    BalasHapus
  14. tak tambahin mas :D DOA hehehehe.....kalo lainnya sudah bener semua tuh. kurang doa nya aja xixixixi

    BalasHapus
  15. wah, ini dia kunci sukses blognya mas arif ya .. ???
    thanks infonya mas.

    BalasHapus
  16. Sudah pernah semua dilaksanakan mas. Tapi kok ya masih sepi ya?
    Maklum newbie...hehe..

    BalasHapus
  17. maaf mas baru bisa BW lagi...
    menjelang idul fitri 1431 H, bangau putih mengucapkan minal aidin wal faidzin...
    mohon maaf jika selama ini ada salah kata dalam berkomen :-)

    BalasHapus
  18. alhamdulilah sbgian dah ada d blognya anax kolonx....mg cpt mjd blog yg skss spektakuler.... :)

    btw prtnyaan mas arif dah q jwb mz...silakan ke TKP :)

    BalasHapus
  19. WWW.ANEH22.BLOGSPOT.COM adalah Blog yang Berisi Informasi yang Unik, Aneh, Extereme dan Gokil-Gokil...DATANG ya

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^