10 Hal Penting Yang Sangat Mempengaruhi SEO dan SERP (Bagian 1)


Ada banyak hal mendasar yang sangat penting yang berkaitan dengan seo dan serp yang harus anda perhatikan. Ini jika anda ingin agar blog atau situs anda bisa nangkring dan bertengger di posisi top ten Google. Bila perlu menjadi nomor satu di pencarian mbah Google. Tapi tentu saja hal ini tidak mudah dan tidak instant. Karena itu anda harus memperhatikan aspek apa sajakah yang sangat penting dalam SEO dan SERP atau search engine result page tersebut?...oke...tanpa perlu berpanjang lebar lagi, inilah 10 hal penting yang sangat mempengaruhi SEO dan SERP yang harus anda pahami agar blog anda lebih SEO friendly, bagi yang sudah senior mohon ditambahkan...oke, silahkan disimak baik - baik yah :-)

1. Optimasi SEO On-Page

    Banyak hal yang berkaitan dengan optimasi seo on-page ini. Seperti pemasangan meta title tag, meta description, meta content, optimasi header hingga, keyword pada judul postingan, keyword pada kalimat pertama di paragraf pertama atau tepatnya 100 kata pertama, keyword pada gambar dengan menyertakan kode "alt" dalam gambar postingan anda, keyword pada akhir paragraf, internal link dalam postingan yang relevan dengan posting terkait dan penyebaran keyword secara merata dan proporsional dalam tubuh postingan anda, disarankan agar tidak menembak keyword lebih dari dua kali untuk keyword yang sama. Namun perlu anda ingat bahwa Optimasi SEO On-Page ini hanya berperan sekitar 30% saja dalam SEO dan SERP.
2. Optimasi SEO Off-Page

    Berbeda dengan SEO on-page, optimasi blog secara SEO Off-Page memiliki pengaruh yang lebih besar hingga 70% dari keseluruhan porsi SEO. Banyak aspek yang mempengaruhi hal ini seperti; backlink yang masuk ke blog anda utamanya dari blog - blog yang se-niche atau setema dengan blog anda, relevan anchor text yang menuju ke blog anda, one-way link dari page rank yang tinggi apalagi yang relevan dengan topik blog anda, pemasangan link di sidebar juga sangat berpengaruh terhadap kualitas link baik yang masuk maupun yang keluar. Inti dari optimasi seo off-page sebenarnya terletak pada upaya anda untuk membangun link building yang mengarah ke blog anda dalam jangka panjang. Semakin banyak dan berkualitas link yang mengarah ke blog anda, maka akan semakin bagus juga posisi anda di mata mesin pencari khususnya Google.

3. Umur Domain


    Sudah bukan rahasia lagi kalau umur domain sangat berpengaruh dalam SEO dan hasil pencarian SERP. Semakin tua umur domain blog atau situs anda, semakin mudah juga bagi anda untuk memenangkan persaingan memperebutkan tempat terhormat di mata mbah Google. Meskipun blog anda kaya akan keyword dan sudah teroptimasi dengan baik secara on-page, tetapi jika umurnya masih muda dan masih bau kencur, akan sangat sulit untuk memenangkan persaingan dengan domain sejenis yang lebih dulu ada atau lebih tua.

4. Quality Link

  
    Anda harus benar - benar memperhatikan setiap link baik yang masuk kedalam blog anda, yang keluar ataupun yang telah tertanam dalam blog - blog yang memiliki tingkat kemungkinan dibanned oleh Google karena terkait dengan link farming alias penanaman link secara sporadis dan tidak relevan. Yang paling penting adalah kualitas one-way link yang masuk ke blog anda, lebih bagus lagi yang relevan dan ber-page rank tinggi. Ini sangat baik untuk SEO dalam jangka penjang.

5. Keyword Yang Relevan


    Masih berkaitan dengan poin yang no. 1 diatas, keyword ini merupakan salah satu aspek yang amat penting dalam SEO dan SERP. Dan keyword ini banyak macamnya. 3 diantaranya adalah keyword pilar atau (primary keyword), keyword ekor panjang atau (long tail keyword) dan Keyword Abadi (Most Wanted Keyword) yang selalu dicari pengunjung sepanjang masa. Menurut banyak pakar dan ahli SEO, keyword yang anda gunakan untuk menarik pengunjung datang ke blog anda haruslah yang relevan dengan tema atau topik blog anda karena Google sangat menaruh poin penting untuk relevansi keyword. Ini untuk keyword pilar atau keyword utama yang anda ingin targetkan.

Sedangkan untuk yang long tail keyword alias si ekor panjang, boleh tidak selalu relevan tetapi memiliki kemungkinan banyak dicari oleh pengunjung blog anda. Dan anda bebas berkreasi untuk hal ini. Parameter sederhananya ialah sebuah kalimat pendek atau panjang yang ditempatkan di dalam tubuh postingan yang sengaja anda tebalkan, miringkan, atau anda garisbawahi.

Sedangkan untuk keyword abadi, anda boleh bebas berkreasi untuk ini. Terkadang sebagian blogger sengaja menembak keyword - keyword semacam ini meski banyak juga yang tidak relevan dengan konten blog mereka. Seperti apa sajakah keyword abadi itu??? Contoh sederhananya seperti; download e-book gratis, heboh foto bugil artis - artis Indonesia, gambar telanjang gadis - gadis bandung, download gratis video mesum Ariel Luna Maya, kumpulan trik dan tips blogger tutorial, free download mp3 indonesia barat gratis, dan keyword - keyword abadi lainnnya khususnya keyword - keyword lendir yang paling banyak dicari :-)

Oke, sampai disini dulu yah postingannya.... tunggu dan nantikan kelanjutan dari postingan ini....sebelumnya, anda memiliki pengalaman tersendiri tentang optimasi SEO dan SERP barangkali, senang jika anda mau berbagi dengan saya di kotak komentar...
Title : 10 Hal Penting Yang Sangat Mempengaruhi SEO dan SERP (Bagian 1)
Description : Ada banyak hal mendasar yang sangat penting yang berkaitan dengan seo dan serp yang harus anda perhatikan . Ini jika anda ingin agar blog a...

23 Responses to "10 Hal Penting Yang Sangat Mempengaruhi SEO dan SERP (Bagian 1)"

  1. makasih semoga bermanfaat mas :)

    BalasHapus
  2. makasih udah mampir mas endang :)

    BalasHapus
  3. Ilmu baru neh. Wah makasih banyak mas Arif sharingnya. Pengalaman tersendiri tentang optimasi SEO dan SERP? Baru cari pengalaman saja dulu neh xixixi... Sukses selalu mas.

    BalasHapus
  4. makasih udah mampir masesubo :) saya pernah punya pengalaman sukses menembak 10 keyword lebih untuk 1 blog saja namun sayang sekarang udah gak keurus lagi :)

    BalasHapus
  5. memang tidak ada yang instan mas, tetapi ini bisa jadi investasi jangka panjang. Begitu sih kata senior2 :-D

    BalasHapus
  6. benar banget mas epen, makasih udah mampir mas :)

    BalasHapus
  7. Wah, blognya keren mas.
    Apalagi artikelnya, keren banget.

    BalasHapus
  8. Mantapp, no 3 bisa diakalin mas, kalau beli domain langsung perpanjang sampai 2 tahun atau lebih, jadi google udah lebih segen, ga harus tua, tapi kalau diakalin bisa, hehe

    BalasHapus
  9. @noto makasih atas apresiasinya mas, @maskum bener mas,, bisa diakalin khan kita lebih pintar dari robot hehehe :D

    BalasHapus
  10. informatif. salam kenal kembali.

    BalasHapus
  11. salam kenal juga mbak utami :)

    BalasHapus
  12. SEO memang lebih efektif dari beriklan, tapi dibutuhkan rutinitas dan ketelatenan dalam penerapan, memang segala usaha pasti membuahkan hasil, Sukses di tingkat tertinggi Google bro...

    BalasHapus
  13. malah yg lebih efektif untuk jangka panjang yg yg seo organik itu mas, ketimbang yg berbayar :)

    BalasHapus
  14. Mas Arif blognya keren & lumayan rame, tapi sayang belum ada banner bisnisnya, ikutan bisnis dahsyat mas untungnya 100% orang lain gabung 100rb mas dapatnya utuh 100rb, buruan klik disini Infodahsyat Untungnya 100%

    BalasHapus
  15. makasih infonya mas, tapi sekarang saya memang lebih fokus dulu untuk membangun konten dan personal branding, monetize akan menyusul dengan sendirinya mas :)

    BalasHapus
  16. Umur domain belum tentu menentukan.
    Karena sangat banyak blog baru yang seumur jagung tapi PR-nya sudah tinggi...

    BalasHapus
  17. mantap ya... aku masih belajar macam mana seo nih.... umur domain pun masih muda..hehe

    BalasHapus
  18. No 1 di Serp memang sebuah dambaan.....

    BalasHapus
  19. Salam kenal ya, bagus mas artikelnya dan pemaparannya juga jelas, sukses untuk Blog Pengembangan Diri, semoga blognya semakin maju dan berkembang...

    BalasHapus
  20. alexa rank apakah berpengaruh dengan SEO??? :)

    BalasHapus
  21. Umur domain memang sangat berpengaruh ....thx infonyaUmur domain memang sangat berpengaruh ....thx infonya

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^