12 Teknik Dasar SEO On Page oleh Miles Price

Ketika anda mendengar kata SEO atau search engine optimization, apa yang terlintas di benak anda? Anda sendiri yang tahu jawabannya hehehe :-) bagi saya SEO itu sendiri cukup ribet tapi asyik dan menyenangkan tetapi tidak menjanjikan hasil instant. Ada banyak teknik SEO baik yang on-page atau pun SEO off-page yang harus anda tahu. Dalam tulisan ini saya hanya ingin berbagi 12 teknik dasar on page SEO oleh Miles Price yang saya sadur dan kutip kembali dari www.sapu-lidi.com

Ada banyak aspek teknik Off Page SEO yang hampir semua praktisi SEO pahami dan sadari, termasuk membangun link, Berkomentar di blog dan bookmark artikel ke situs media social, serta pelabelan untuk meta data eksternal. Namun jangan lupa, bahwa ada pengaruh struktur situs yang juga bisa dipraktekkan, begitu juga densitas kata kunci dan Optimasi faktor-faktor On Page SEO.

Ada banyak taktik yang bisa kita kerjakan untuk mengoptimalkan halaman situs untuk On Page SEO yang dapat berakibat pada peringkat yang lebih tinggi untuk setiap halaman web situs kita.

Oke tanpa berpanjang lebar dan berlama - lama lagi, berikut adalah 12 Teknik Dasar On Page SEO oleh Miles Price:

1. Meta Keywords, Meta Description dan Robots tag – Google menggunakan salinan deskripsi untuk memasarkan blog kita dalam halaman hasil pencariannya (SERP), perlakukan ini sebagai salinan penjualan yang telah dioptimalkan. Pastikan halaman sitemap.xml kita terus-menerus dapat diakses oleh mesin pencari.

2. Title Tag – adalah aspek yang PALING PENTING pada On Page SEO.

3. Teks Isi – fokus pada teks isi dengan huruf tebal, untuk menunjukkan penekanan yang kuat terhadap search engine.

4. Kalimat pertama dalam isi dan kata-kata pertama yang digunakan pada tiap kalimat adalah yang paling penting untuk kebutuhan On Page SEO tingkat lanjut. Buatlah kata-kata tersebut mudah dibaca oleh manusia maupun mesin pencari. Kata-kata yang digunakan dalam kalimat pertama adalah yang paling penting karena penerapan algoritma LSI Google.

5. URL – Folder subdirektori dan halaman konten harus telah dioptimasi untuk Search Engine. Contohnya http://domain.com/real-estate/ide-marketing-real-estate.com akan memperoleh peringkat tinggi untuk halaman yang didedikasikan untuk ide real estate, khususnya dengan banyaknya link yang sangat otoritatif, relevan, dan internal.

6. Teks H1 dan H2 sangat penting karena menunjukkan pada mesin pencari subjek utama dan Daftar Isi untuk konten yang akan diindeks. Buat kata kunci ini mencerminkan tag judul halaman blog Anda.

7. Teks Link Situs Yang Sama – Link yang menghubungkan halaman situs Anda bersama-sama harus memiliki istilah kata kunci yang Anda targetkan di dalamnya seperti semua link yang ada di situs – bahkan meskipun tampak berlebihan, memiliki variasi target kata kunci juga akan membantu saat menghubungkan ke halaman lain dalam situs Anda.

8. URL link situs yang sama – Tidak hanya jika Anda menggunakan kata kunci Anda untuk menggambarkan halaman di dalam situs Anda, URL juga harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.

9. Teks Link Keluar – Sumber yang Anda beri link haruslah telah dioptimasi – Jika situs anda tentang internet marketing dan terhubung ke perusahaan email marketing (misalnya software email marketing), Anda bisa menggunakan kalimat seperti berikut di artikel anda: “Buat internet marketing Anda auto-pilot dan gunakan alat yang terbaik untuk internet marketer hari ini – software email internet marketing.” Lalu gunakan variasi lain untuk internet marketing.

10. Label Alt pada Gambar — gambar yang ada dib log anda harus diberi deskripsi melalui label ALT dengan kata kunci yang anda optimasi – Jika gambar tersebut tersimpan di hosting blog anda, nama filenya juga harus dioptimasi.

11. Densitas Keyword – 8% kata kunci pada sebuah postingan adalah sangat baik dan tidak tampak spammy, jika Anda memiliki artikel 500 kata, maka 40 dari kata-kata itu harus memiliki varians dari istilah pencarian yang Anda targetkan, jika ini tampak berlebihan, turunkan densitas keyword sampai 5 % dan Anda hanya akan perlu untuk menambah 25 variasi / contoh kata kunci Anda.

12. Komentar HTML Anda harus mengandung istilah SEO di dalamnya – Sebagai sebuah pertanyaan untuk relevansi ini harus berdasarkan peringkat Anda. Saya tidak yakin, tapi kebanyakan situs besar punya komentar HTML yang terhubung ke istilah pencarian mereka. Jika anda akhirnya melakukan analisis On Page SEO Anda, Anda bisa mengetahui apakah situs dengan peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut menggunakan komentar HTML yang terhubung dengan kata kunci yang ditargetkan.

Demikian 12 Teknik Dasar On Page SEO oleh Miles Price yang sengaja saya kutip dan tulis kembali bagi anda para blogger yang merasa masih newbie seperti saya :-) bagi yang udah senior silahkan ditambahkan disini.....

Salam Sukses 1% !!!
Title : 12 Teknik Dasar SEO On Page oleh Miles Price
Description : Ketika anda mendengar kata SEO atau search engine optimization , apa yang terlintas di benak anda? Anda sendiri yang tahu jawabannya hehehe ...

31 Responses to "12 Teknik Dasar SEO On Page oleh Miles Price"

  1. makasih semoga bermanfaat yah :)

    BalasHapus
  2. Menarik sekali uraian tentang SEO ini. Tapi cuma sebagian kecil saja yg saya bisa pahami.

    BalasHapus
  3. Bermanfaat sekali Mas Tekhnik SEO-y...
    Sukses slalu.

    BalasHapus
  4. makasih semoga bermanfaat mas :) sukses juga untuk anda :D

    BalasHapus
  5. Selain backlink dari situs yang temanya sama,
    PR atau authority tinggi dari situs tersebut
    juga berpengaruh :-)

    BalasHapus
  6. benar tuh mbak elsa, makasih atas tambahannya :)

    BalasHapus
  7. SEO technik sangat diperlukan dalam bisnis online, apapapun bisnisnya klo pake jalur online SEO mutlak diperlukan

    BalasHapus
  8. saya juga baru belajar memahami satu-satu uraian mas di atas.
    maklum mas, baru belajar :-)

    BalasHapus
  9. gak papa mbak, pelan2 saja yg penting fokus n konsisten :)

    BalasHapus
  10. berbagi tak pernah rugi mas, apalagi berbagi ilmu SEO yang bermanfaat seperti ini, mantap. makasih ya

    BalasHapus
  11. kalau saran saya mas.... bagaimana dari 12 point di atas, diurutkan dari yang paling penting peranannya , sampe yang paling tidak penting ( paling kecil ngefeknya )

    soalnya saya lihat, title ada di point ke 2, padahal title adalah yang paling penting dalam urusan seo onpage.

    BalasHapus
  12. hmmm... terus terang, sepertinya anda ingin menulis semua ide dalam satu kalimat, dan dalam satu artikel, sehingga terkesan memaksakan diri.
    sedikit kritik dari saya, buatlah artikel untuk pembaca, bukan untuk SEO mas.. toh anda sudah pakai blogspot yg gak perlu lagi pakai SEO.
    saya tidak membaca dari atas ke bawah karena terlalu pusing hahahah

    kapan mau pindah ke wordpress?

    BalasHapus
  13. @mas hengky anda kayaknya hanya asal kritik dan tidak membaca artikel saya secara detail,,,,jangan asal asbun mas :(

    BalasHapus
  14. @belajar investasi, makasih buat apresiasinya mas :)

    BalasHapus
  15. thank u infonnya... mantaps

    BalasHapus
  16. Thanks info SEO-nya, terus berkarya. Mampir ya di www.lasembatikart.com .Thanks.

    BalasHapus
  17. mas, tentang seo ini memang menarik dibahas. teknik2 seo muncul setelah google memberlakukan sisten page rank untuk menilai peringkat dari sebuah situs. dan... nah ini dia mulailah berkembang mitos2 tentang bagaimana cara meningkatkan diri di google. padahal kalu kita cermati di FAQ google webmaster, google hanya menyarankan kita memperhatikan 2 hal saja, yaituL: content dan community building. dua ini tidak terpisahkan kata mbah google. content yg unik dengan community yg pas akan menuai traffic yg bagus. cuman itu saja yg dianjurkan mereka. namun di luar sana sudah telanjur banyak tip2 SEO ini yg dilansir oleh so called 'pakar seo" hehehehe

    BalasHapus
  18. wah..!kayaknya saya harus banyak belajar di sini ya...thks ya...

    BalasHapus
  19. benar sekali mas,jika teknik seo on page tersebut digunakan dengan baik maka akan berhasil untuk bisa rangking pertama di search engine

    BalasHapus
  20. hmmm, masih mendaki ke puncak google! :D tengkyu artikelnya

    BalasHapus
  21. Makasih banyak trik SEO onpagenya bro... kebetulan sekali di akhir tahun 2010 ini banyak bangetz kontes-kontes SEO, sangat bermanfaat mas...!
    Sharing juga dunk Trik SEO Off Pagenya, hehehe?

    BalasHapus
  22. thanks gan buat ilmunya, ane coba praktekan ke blog baru ane, jangan lupa kunjungi blog ane :D

    BalasHapus
  23. Thanks for share, after reading your article and use it i found how useful it is

    great post, keep posting

    BalasHapus
  24. wah lumayan lengkap tentang pembahasan SEO On Page nya, namun lebih baik di update di artikel selanjutnya karena banyak perubahaan selama 2 tahun belakangan ini

    BalasHapus

Blog ini DO FOLLOW, jadi dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Pengembangan Diri asal jangan spam yah ^_^